English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Senang mengerjakan pekerjaan yang bersifat darurat atau genting dan bukan pekerjaan yang penting

Kita harus dapat membedakan pekerjaan darurat atau genting dan pekerjaan penting. Suatu pekerjaan tergolong darurat atau genting bila ia terkait dengan waktu. Artinya pekerjaan itu harus segera dikerjakan.

Menjawab telpon yang berdering merupakan pekerjaan genting karena harus segera dikerjakan. Banyak pekerjaan genting lainnya yang mengatur kegiatan kita. Ia seakan-akan menjadi penentu segala yang harus kita kerjakan.

Di lain pihak, suatu pekerjaan dikatakan penting bila terkait dengan hasil. Dengan kata lain, suatu pekerjaan tergolong penting bila pekerjaan itu menunjang misi, nilai dan prioritas yang telah ditetapkan.

Berbicara tentang penting dan genting, dalam kaitan ini, Stephen R Covey, penulis buku laris yang berjudul “Tujuh Kebiasaan Hidup Manusia yang Efektif”, menjelaskan bahwa sesungguhnya ada empat hal yang perlu dicermati, yaitu (1) Penting dan Genting, (2) Penting dan Tidak Genting, (3) Genting dan Tidak Penting, serta (4) Tidak Penting dan Tidak Genting. Empat hal ini digambarkan dalam empat kuadran/kotak di bawah ini.

Peter Drucker mengatakan bahwa orang efektif bukanlah orang yang pikirannya tertuju pada masalah akan tetapi tertuju pada peluang. Mereka berfikir preventif. Mereka juga menghadapi masalah dan krisis tetapi jumlahnya dapat ditekan sekecil  mungkin.

Setelah mengerti bedanya penting dan genting maka sekarang mulailah menentukan target yang hanya diarahkan pada hal-hal yang penting dan mengurangi yang genting.

No comments:

Post a Comment